Wednesday, July 9, 2008

Windows Update KB951478 vs. ZoneAlarm

Seperti biasa, di awal bulan Microsoft mengeluarkan update-update terbaru lewat Windows Update. Sebagian komputer diatur untuk menerima update secara otomatis, dan pengguna kemudian akan diminta untuk restart setelah update terpasang.

Hari ini, Rabu, 9 Juli 2008, Microsoft kembali mengeluarkan update bulanannya. Besarnya tidak seberapa, paling tidak untuk pengguna Internet broadband, yaitu 20an megabyte. Bagi pengguna Windows XP, seperti biasa, diperlukan restart setelah update terpasang.

Bagi para pengguna firewall ZoneAlarm, bersiaplah untuk terkejut dan tidak bisa mengakses Internet, karena terjadi "bentrokan" antara salah satu update, yaitu KB951748. Begitu Windows XP di-restart, Internet tidak akan berfungsi.

Hingga saat ini penyebabnya masih belum jelas. Tapi untungnya sudah ada pemecahan sementara.

  1. Menghapus Security Update KB951478
    Lakukan uninstall lewat applet Add or Remove Programs. Jika update ini tidak terlihat, coba beri tanda centang di "Show Updates". Sayangnya, jika Windows Update diatur untuk menerima update secara otomatis, Windows akan mendownload update ini begitu selesai restart dan komputer terhubung ke Internet

KB951748

  1. Menurunkan level keamanan ZoneAlarm ke Medium
    Metode kedua ini lebih disarankan, karena tidak perlu menghapus apapun. Di level Medium, komputer akan tetap terlindung

Medium

  1. Uninstall ZoneAlarm
    Ini merupakan yang paling tidak disarankan, terutama jika juga menggunakan fitur antivirus dan antispyware

Ketiga cara di atas merupakan pemecahan masalah yang sifatnya sementara, karena untuk jangka panjangnya bisa menurunkan efektivitas keamanan komputer. Diharapkan Microsoft segera mengeluarkan update untuk mengatasi masalah ini. Dan semoga updatenya bukan bulan depan, dalam paket Windows Update berikutnya.

UPDATE: ZoneAlarm mengeluarkan update untuk mengatasi masalah ini, yaitu versi 7.0.483.000. Update ini berlaku untuk seluruh varian ZoneAlarm, yaitu ZA Internet Security Suite, ZA Pro, ZA Antivirus, ZA Anti-Spyware, dan ZA Basic. Keterangan lebih lanjut dan link untuk download bisa dilihat di http://download.zonealarm.com/bin/free/pressReleases/2008/LossOfInternetAccessIssue.html. Microsoft, where are you?

1 comment:

Anonymous said...

Cobain ini :

http://www.microsoft.com/communities/newsgroups/en-us/default.aspx?dg=microsoft.public.windowsupdate&tid=d642512b-f54d-4faa-b5f6-8d07f0337f31&cat=en_US_56d1dd45-de9e-4fc5-9bc1-2d1d0de6daee&lang=en&cr=US&sloc=&p=1